Translate

Saturday, December 1, 2012

Authors "JACQUELINE WILSON"

~ All About Jacqueline Wilson  ~


Dame Jacqueline Wilson , DBE, FRSL , lahir pada tanggal 17 Desember 1945 di Bath, Inggris. Beliau adalah seorang penulis asal Inggris yang terkenal dengan keberaniannya menulis tema-tema yang lebih luas dan beragam pada bacaan anak-anak.  Terlihat pada sebagian besar novelnya mengungkap problematika seputar isu tentang adopsi, perceraian dan penyakit kelainan mental mental. Mengusung tema-tema tersebut membuatnya dianggap kontroversial karena buku-buku tersebut ditujukan pada pembaca usia muda, mulai anak-anak hingga remaja. 

Beliau menulis berbagai seri buku. Dan yang cukup terkenal adalah tokoh Tracy Beaker, yang muncul pertama kali pada tahun 1991 lewat buku The Story of Tracy Beaker. Kisah ini disusul dengan 3 buku lanjutan dan CBBC membuat 2 adaptasi dari The Story of Tracy Beaker dan Tracy Beaker Returns. Dan hampir sebagian besar karyanya diadaptasi dalam bentuk drama, serial TV maupun film layar lebar produksi khusus. 

[ source ]
Semasa kanak-kanak, ia dikenal sebagai anak yang memiliki imajinasi tinggi dan suka menciptakan kisah-kisah. Benaknya akan melayang menuju dunia yang lain sehingga seringkali tidak mampu memusatkan perhatian pada pelajaran sekolah, bahkan salah satu gurunya menjulukinya sebagai ‘Jacky Daydream’ ( Jacky Si Pemimpi) yang kelak menjadi salah satu nickname dalam autobiografinya. Pada usia 9 tahun ia sudah menulis novel pertamanya di dalam jurnal sepanjang 18 halaman dengan judul Meet the Magots – kisah tentang keluarga dengan 7 orang anak. 

Pada usia 16 tahun Jacky memutuskan meninggalkan bangku sekolah dan mencari kehidupan yang lebih menarik di dunia luar. Maka pada usia 17 tahun ia berhasil memperoleh tawaran pekerjaan salah satu cabang DC Thompson – perusahaan penerbitan dan publikasi besar. Hingga ia jatuh cinta pada seorang calon polisi bernama Milar Wilson, dan menikah pada tahun 1965 ketika ia baru berusia 19 tahun. Dua tahun kemudian, Emma – putrinya lahir. Dan pada tahun 2004 setelah perpisahan sekian lama, akhirnya beliau bercerai dari sang suami. Maka Jacky memutuskan fokus pada dunia penulisan dan membesarkan putrinya. 

[ source ]
Novel-novel awalnyabertema fiksi kriminal. Kemudian akhirnya Jacky beralih pada kisah anak-anak,dan pada usia 40 tahun, karir penulisannya telah menghasilkan lebih dari 40 buku, sebelum bukunya melejit lewat The Story of Tracy Beaker di tahun 1991, yang telah dicetak dan terjual lebih dari 30 juta kopi. Hingga kini karya-karyanya memiliki ciri khas dan tema yang tidak biasa terdapat pada buku anak-anak. Tema yang mengangkat masalah penyiksaan fisik maupun mental (abuse), mengatasi dan membicarakan tentang kedukaan akibat kehilangan sosok yang dikasihi (grief), perceraian, panti asuhan atau program orang tua angkat, serta keluarga dengan anggota yang memiliki kelainan mental. 

[ source ]
Bekerja sama dengan illustrator Nick Sharratt yang mampu menampilkan ekspresi serta adegan dalam kisah-kisahnya, bahkan setiap cover sampul buku beliau pun dibuat khusus oleh Nick Sharratt, menjadi ciri khas tambahan bagi para penggemar karya-karya beliau.   

Jika ingin mengetahui buku-buku beliau, ini sebagian dari sekian banyak judul karyanya, yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia :

[ source ]
Tracy Beaker Series : [ 'klik' pada judul akan masuk ke link penerbit ]

Girls Series : [ 'klik' pada judul akan masuk ke link penerbit ]

Hetty Feather Series : [ 'klik' pada judul akan masuk ke link penerbit ]

Popular Children’s Non-Series : [ 'klik' pada judul akan masuk ke link penerbit ]

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang beliau serta karya-karya dan berbagai adaptasi bukunya, silahkan kunjungi berbagai situs di bawah ini : 


Best Regards, 
* Hobby Buku * 
"An Introduction from Dame Jacqueline Wilson on her Home Page" [ source ]

1 comment:

  1. wah...
    termasuk pembaca karya-karya ya Kakak?
    infonya lengkap..

    mulai dari kehidupan pribadi sampai karya-karya juga websitenya.

    Kehidupan Jacquilin Wilson cukup rumit ya. Namun keberaniannya harus diacungi jempol. Kalau di Indonesia, siapa yang umur enam belas berani keluar dari lingkungan pendidikan? (kecuali menikah ya) dan mencoba meraih mimpinya.
    kerenn
    nice posting ^^

    ReplyDelete

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.