Translate

Sunday, December 15, 2013

Books "EMERALD STAR"

Books “EMERALD STAR”
Judul Asli : EMERALD STAR
[ book 3 of Heather Feather Series ]
Copyright © Jacqueline Wilson, 2012
Covert illustrations and inside artwork © Nick Sharratt, 2012
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Deci Natalia
Editor : Reita Ariyanti
Cetakan I : April 2013 ; 496 hlm ; ISBN 978-979-22-9506-1
Rate : 3.5 of 5

Hetty Feather atau Sapphire Battersea, meninggalkan kota besar menuju desa kecil di kawasan Yorkshire setelah sang ibu meninggal dunia akibat penyakit yang menggerogoti dirinya. Kini ia bernama Emerald Star, dengan misi khusus mencari ayah kandungnya, seorang nelayan di desa Monksby yang dipanggil Bobbie. Tanpa ada petunjuk yang lebih jelas, hanya bermodal kebulatan tekad, akhirnya ia berhasil bertemu dengan sosok Robert ‘Bobbie’ Waters yang memiliki rambut merah serupa dengan dirinya.

Bobbie Waters menerima putri yang tak pernah diketahui atau dikenalnya dengan tangan terbuka. Permasalahannya, ia telah menikah, dan keluarganya, istri serta kedua anaknya tak menyukai kehadiran Hetty Feather. Namun bukan Hetty jika ia tak mampu menyingkirkan segala ‘ketidak-nyamanan’ demi menjalani kehidupan baru yang semula merupakan satu-satu alternatif bagi dirinya. Ia tak memliki tempat tujuan lain, dan kesulitan memperoleh pekerjaan setelah ‘dipecat’ oleh majikan pertama tanpa adanya rekomendasi, menutup kemungkinan bagi dirinya untuk menjadi pelayan keluarga terhormat lainnya.



Hetty yang penuh imajinasi, suka dengan aneka pengetahuan, kegiatan membaca dan menulis, harus berusaha ‘menyukai’ kegiatan baru keluarga ayahnya. Sebagai seorang nelayan, maka mereka berkutat dengan menangkap, membersihkan dan menjual aneka ikan. Kegiatan yang bukan saja menguras tenaga secara fisik, tetapi juga cukup ‘menjijikan’ bagi mereka yang tak pernah terbiasa. Bayangan masa depan nan suram terngiang dalam benak Hetty, hingga ia menerima kabar mengejutkan. Ayah angkatnya, ayah kandung Jem, meninggal dunia dan ibu angkat Hetty yang sangat disayanginya, dalam kondisi buruk akibat jatuh sakit sepeninggal sang suami secara mendadak.

Maka Hetty sekali lagi berkemas-kemas untuk ‘pulang’ ke rumah masa kecilnya, bertemu keluarga dan Jem yang senantiasa di benaknya sepanjang masa kanak-kanak hingga remaja. Perjalanan Hetty ke kediaman yang selalu menjadi ‘rumah’ bagi dirinya, membuka mata serta khalayan masa kecil yang ternyata tidak sesuai dengan realita. Ibu angkat yang selalu menjadi pelindung dan tempatnya bersandar, kini dalam kondisi sebaliknya. Setengah lumpuh dan tak mampu berbicara, kini Hetty berperan sebagai perawat sekaligus pengasuh wanita yang telah menimang dan membuai dirinya semasa bayi.

Kini Hetty harus menunjukkan kemampuan serta keteguhan mental untuk menjaga ‘rumah’ beserta isinya, karena kondisi sang ibu yang hanya ditemani oleh Jem –satu-satunya putra yang belum berkeluarga, dan harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sepeninggalan ayahnya. Mampukah Hetty menjalani rutinitas kehidupan rumah tangga sederhana yang cukup berat ini ? Bagaimana dengan semua impian Hetty  untuk berpetualangan dan menjadi penulis ternama ? Kedatangan Gideon yang terluka dari masa peperangan untuk pulang ke tempat ‘keluarganya’ serta (akhirnya) lamaran Jem yang ditunggu-tunggu semenjak kecil oleh Hetty, membuka mata dan akhirnya Hetty tahu apa yang hendak ia pilih bagi kehidupannya ...

Note : kisah ini berakhir dengan ending yang tak terduga, dan sedikit membuatku kecewa karena berkesan anti-klimaks. Namun setelah membuka situs sang penulis, ternyata masih ada kelanjutan kisah petulangan Hetty Feather sebagai ‘Diamond’ ... dan ini memperjelas kondisi mengapa kisah ini terkesan ‘menggantung’ dan pertanyaan selanjutnya, kapankah edisi terjemahan buku ke-4 ini bisa segera kunikmati (^_^)

[ more about the author and related works, just check at here : All About Jacqueline Wilson ]

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.