Translate

Thursday, December 13, 2012

Authors "ROALD DAHL"



[ source ]
~ All About Roald Dahl ~

Roald Dahl ( 13 September 1916 – 23 November 1990 ) adalah seorang penulis novel, cerita pendek, puisi, skenario serta pilot tempur yang tinggal di Inggris. Beliau lahir di Wales dari pasangan Norwegia. Semasa muda beliau sempat mengabdi di Royal Air Force (RAF) Inggris selama Perang Dunia II, yang menyebabkan dirinya tercatat sebagai pilot andalan serta agen intelejen yang  baik hingga memperoleh kenaikan pangkat menjadi Komandan Angkatan Udara. 

Ayahnya Harald Dahl, adalah seorang pria asal Norwegia dari Sarpsborg, kota kecil dekat Oslo. Beliau menikah kedua kalinya, sepeninggalan istri pertamanya, dengan Sofie Magdalene Dahl nee Hesselberg - ibu Roald Dahl dan keempat saudaranya. Roald Dahl terbiasa bercakap-cakap dengan bahasa Norwegia dengan keluarganya, meski mereka telah menetap di Wales, Inggris. Kemudian pada tahun 1918, ketika Roald Dahl berusia 2 tahun, mereka sekeluarga pindah ke wilayah Cardiff, di rumah yang lebih besar. 

[ source ]
Pada tahun 1920, kakak Roald Dahl yang bernama Astri, meninggal pada usia 7 tahun karena usus buntu. Sebulan kemudian, sang ayah karena kesedihan sepeninggalan putri kesayangannya, kehilangan semangat berjuang melawan radang paru-paru dan meninggal dalam usia 57 tahun. Maka sang istri, Sofie - atau Mama Radyr, panggilan sayang Roald Dahl kepada ibunya, harus berjuang membesarkan putra-putrinya di negara yang asing. Beliau memiliki kesempatan untuk pulang kembali ke Norwegia, tetapi demi masa depan pendidikan anak-anaknya, Mama Radyr tetap tinggal di Inggris, berjuang membesarkan keempat anaknya serta bayi yang sedang dikandung saat kematian suaminya.

Kisah masa kanak-kanak Roald Dahl ini tertuang dalam buku Boy - Tales of the Childhood, terutama bagaimana bocah Roald Dahl menerima hukuman pecut (dipukul dengan tongkat rotan keras) dari sang kepala sekolah, ketika ia dan teman-temannya menaruh bangkai tikus di dalam toples permen toko Mrs. Pratchett. Akibat kejadian, sang ibu memindahkan Roald Dahl ke sekolah asrama di St. Peter yang lokasinya lebih jauh. Terbiasa dalam lingkup kehangatan dan keriangan keluarganya, bocah Roald Dahl sering kesepian dan rindu akan rumahnya. Ia bahkan pernah berpura-pura sakit keras hanya supaya bisa tinggal di rumah. Untuk mengusir kerinduannya, ia sering menulis surat kepada sang ibu, yang ditanda-tangani dengan 'Boy' - yang kelak menjadi judul bukunya, berdasarkan kumpulamn surat-suratnya yang ditemukan saat sang ibu meninggal dunia. Ternyata beliau tetap menyimpan dan membuat bundel semua surat dari putranya.

[ source ]
Perjalanan hidupnya penuh dengan variasi karena Roald Dahl cukup aktif dalam kegiatan olah raga termasuk pendakian gunung. Karirnya mulai menanjak semenjak ia bergabung di RAF (Royal Air Force) - Angkatan Udara Inggris yang merupakan pasukan elite semasa Perang Dunia II. Setelah menempuh berbagai misi yang membuatnya keliling dunia, pada akhirnya Roald Dahl memilih meneruskan kecintaannya pada dunia tulis menulis. Beliau meninggal pada usia 74 tahun karena mengidap penyakit kelainan darah yang cukup langka. Beliau meninggal di kediamannya yang diberi nama Rumah Gipsi, dan dimakamkan oleh sanak keluarganya dengan gaya pemakaman ala Viking - dalam makamnya diletakan stik bilyar kesayangannya, beberapa botol minuman burgundy, batang-batang cokelat, pensil-pensil HB serta gergaji listrik, semua benda favorite-nya.

Untuk mengenang beliau, sebuah Galeri Anak-Anak Roald Dahl dibuka di MuseumBuckinghamshire County di dekat wilayah Aylesbury. Dan pada tahun 2002, salah satu situs modern terkenal di Cardiff, diberi nama ulang menjadi 'Roald Dahl Plass' (Plass dalam bahasa Norwegia berarti Plaza). Masyarakat bahkan kemudian meminta untuk dibangun sebuah patung Roald Dahl di kota itu. Semenjak kematian beliau, komitmen kemanusiaan yang dijalani selama hidupnya dimulai dari bidang nurologi, hematologi dan sastra, dilanjutkan oleh istri keduanya - Felicity 'Liccy' d'Areu Crosland, melalui Yayasan Roald Dahl. Pada bulan Juni 2005, Museum dan Pusat Cerita Roald Dahl di buka di Greta Messenden untuk merayakan dan melestarikan karya-karya beliau di bidang sastra.  

~ Roald Dahl's stamps ~ [ source ]
Karya-karya Dahl mencapai puncak semasa tahun 1940 melalui kisah untuk anak-anak maupun dewasa, menjadikannya salah satu penulis bestseller. Beliau dikenal sebagai salah satu penulis kisah anak-anak terbaik pada abad 20. Dibuktikan ketika pada tahun 2008 The Times menempatkan Dahl pada posisi ke-16 dari daftar ’50 penulis Inggris Terbaik semenjak 1945’. Berbagai cerita pendek yang dibuat memiliki ciri khas dengan ending yang tak terduga, dan buku anak-anak juga bukan tipikal dongeng indah dan sentimental, justru cenderung mengungkapkan kebenaran dan kejujuran dengan gaya humor yang unik.  

Karya tulis beliau sangat banyak dan luas, mencakup berbagai bidang. Namun para penggemarnya lebih mengenal beliau lewat buku anak-anak yang melibatkan dongeng, sihir, serta kehidupan nyata yang digambarkan dengan jenaka, meskipun sedih namun pembaca pasti bisa tersenyum dan tertawa membacanya. Apalagi melihat ilustrasi yang dibuat oleh Quentin Blake, menjadikan trade-marks tersendiri melihat hampir seluruh karya tulis Roald Dahl dihiasi oleh ilustrasi beliau. Ini sebagian daftar buku anak yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia : ( 'klik' pada judul masing-masing untuk masuk ke link penerbit )


[ source ]
Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Road Dahl beserta karya-karyanya dan berbagai adaptasi, silahkan kunjungi beberapa situs di bawah ini :

Best Regards,
* Secret Garden * 

No comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.