Translate

Tuesday, March 4, 2008

Books "PERMAINAN TANTANGAN"


Judul Asli : THE DARE GAME
Copyright (c) 2000 by Jacqueline Wilson
Illustrations (c) 2000 by Nick Sharratt
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Mala Suhendra Griffiths
Cetakan ke-1 : Februari 2005 , 264 hlm
Rate : 3 of 5 

" Siap-siap semuanya - Tracy Beaker datang lagi! Dengan segala cerita2 baru yang menantang & lebih berbahaya dari pengalaman2 sebelumnya. " 

[ source ]
" Ku-kira aku akan hidup bahagia selamanya terutama setelah Cam menjadi ibu asuhku. Ha ha !! Ternyata hal-hal yang membahagiakan hanya berlangsung sekejap saja. Cam tinggal di apartment kecil (lebih tepatnya sebuah kamar dengan kamar mandi dan dapur kecil). Kamarku sendiri berasal dari ruang kecil yang dulunya gudang (lenyap sudah Impianku akan kamar pribadi dengan ranjang besar, lemari pakaian berlusin-lusin, sofa dll). 

Bahkan Cam tidak mau membelikan baju-baju desainer terkenal sehingga aku jadi bahan tertawaan teman-teman di sekolah. Makan-makan di luar pun dibatasi. Cam berkata bahwa ia tidak memiliki penghasilan tinggi hanya berdasarkan hasil tulisannya saja. Salah siapa ia hanya mau menulis tulisan-tulisan tentang kenyataan di dunia. Jika saja Cam mau menulis tulisan yang lebih berbobot tentang kita akan hidup kaya-raya. 

[ source ]
Daripada diejek dan jadi bahan cemoohan, lebih baik aku bolos sekolah dan kabur ke tempat rahasia - sebuah rumah kosong yang jadi tempat pelarianku, tempatku berkhayal seakan-akan hidup di tempat Impian-ku. Dan di rumah itu pula suatu hari aku 'bentrok' dan akhirnya berteman dengan Alexander dan Football. Alexander anak laki-laki pemalu yang juga melarikan diri dari sekolahnya terutama saat pelajaran olah raga. Ia jenis anak pandai tapi fisiknya lemah dan selalu jadi bahan olok-olokan baik teman-temannya maupun beberapa gurunya. Sedangkan Football, anak aneh yang suka sekali bermain bola dan selalu menantikan kedatangan ayahnya yang akan menjemput dan menemaninya bermain bola (ayahnya lari dengan wanita lain, meninggalkan dirinya beserta ibunya yang selalu memarahi & berteriak pada Football sebagai pelampiasan). 

Kami bertiga sering berkumpul di rumah tersebut dan melakukan permainan2 asyik seperti Permainan Tantangan (ini adalah ideku dan mengingat aku ahlinya dalam permainan ini, maka dapat dipastikan akulah pemenangnya). Terkadang permainan ini cukup berbahaya, seperti melompat dari jendela tingkat atap menuju batang pohon, jika berhasil maka harus segera memanjat pohon yang tinggi sekali sampai ke puncak kemudian segera turun kembali. Sampai suatu hari terjadi kecelakaan yang menimpa Alexander ketika menjalani permainan tantangan. Alexander terluka hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Kejadian tersebut membawa efek tak terduga dalam masa depan kami bertiga. 

[ source ]
Bukan hanya masalah-masalah seperti itu yang akan muncul dalam hidupku. Namun yang paling mengejutkan ketika Mama tiba-tiba muncul mencariku dan mengajak aku tinggal bersamanya. Yang paling menjengkelkan diriku adalah Cam hanya diam, tidak berkomentar atau berusaha memohon agar aku tetap tinggal dengannya bukannya pindah dengan mama, Cam hanya berdiam diri & menatap sendu dan berkata bahwa ia akan melakukan apa yang akan membuatku bahagia, termasuk merelakan aku tinggal dengan Mama. (padahal aku mau Cam mempertahankan diriku).

Maka dengan jengkel, aku mengambil keputusan segera pindah dengan ke tempat Mama. Disana aku diberi boneka baru yang sangat besar, pakaian-pakaian merek terkenal, sekotak coklat mahal, kamar pribadi yang besar, benar-benar berbeda dengan apa yang telah diberikan oleh Cam. Seharusnya aku senang dan bahagia karena keinginanku terkabul sebagian. Tapi kenapa aku merasa sedih - seperti ada sesuatu yang hilang dari hatiku? Bahkan aku mulai merindukan Cam - Cam yang cerewet dan menjengkelkan tapi aku sayangi sepenuh hati. "

1 comment:

  1. ouh... kayaknya kisah si Tracy ini berat banget ya -_- hidupnya penuh tantangan, tapi seru keliatannya pas baca reviewmu ttg ini

    hm. jadi pengen baca ulang cerita Tracy :\

    ReplyDelete

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.