Translate

Monday, March 3, 2008

Books "KISAH TRACY BEAKER"


Judul Asli : THE STORY OF TRACY BEAKER
Copyright (c) 1991 by Jacqueline Wilson
Illustration (c) 1991 by Nick Sharratt
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Yoke Octarina
Cetakan ke-2 : April 2004 , 184 hlm
Rate : 4 of 5 

" Tracy Beaker adalah seorang gadis kecil berusia 10 tahun yang ditinggalkan oleh ibunya saat ia masih sangat kecil di sebuah panti asuhan. Walau ia selalu membayangkan suatu hari ibunya akan muncul di depan pintu dan mengajaknya pulang ke rumah-tinggal bersama sebagai satu keluarga, Tracy harus menelan kekecewaan serta kesedihannya karena sampai saat ini tidak ada kabar berita dari ibunya. Tracy terpaksa menjalani hidupnya di panti asuhan.

[ source ]
Awalnya tidak terlalu buruk, sampai banyak hal-hal tak menyenangkan yang terjadi menimpa Tracy. Seperti saat sahabatnya Louise meninggalkan dirinya dan bersahabat dengan Justine Littlewood yang menjengkelkan dan selalu bermusuhan dengannya. Satu-satunya yang mau berteman dengannya hanyalah si kuper-cengeng Peter Ingham. Tracy ingin sekali memiliki orang tua asuh yang akan menyayangi dirinya selama-lamanya. 

Tapi sepertinya semua orang menganggap dirinya sebagai anak yang nakal dan sulit diatur. Mulai dari petugas sosial, pengelola panti asuhan, keluarga asuhnya yang pertama - Uncle Sid dan Aunty Peggy, mereka payah serta suka memukul pantatnya (terutama jika Tracy tidak setuju dengan suruhan mereka dan hal ini sering terjadi), bahkan orang tua asuhnya yang terakhir - Ted dan Julie, mereka sebetulnya menyenangkan, tidak pernah memukul atau berteriak kepadanya walau mereka hanya makan sayur dan bahan-bahan organik (rasanya yeaachhh ... ), Tracy sempat berharap Impiannya menjadi kenyataan, namun mereka pun pada akhirnya tak menghendaki dirinya lagi karena Julie hamil dan akan melahirkan anak kandungnya sendiri. Maka Tracy 'dikembalikan' ke panti asuhan.

[ source ]
Sejak itu Tracy semakin berulah dan tidak pernah mempercayai siapa pun. Sampai suatu hari datang seorang tamu di panti tersebut. Tamu itu adalah seorang penulis wanita yang hendak menulis kisah tentang anak-anak penghuni panti asuhan. Tracy yang menganggap dirinya sebagai penulis hebat merasa tersanjung saat mendengar bahwa Cam-si penulis hendak bertemu dan melihat hasil karyanya. Ternyata Cam sangat berbeda dengan apa yang dibayangkan oleh Tracy, bahkan tanpa disadari Tracy mulai membuka diri dan menganggap Cam cukup 'lumayan' seandainya ia mau menjadi orang tua asuhnya. Cam sendiri tertarik pada Tracy yang berbeda. 

Namun sejalan dengan waktu, kelihatannya hubungan mereka bukannya semakin membaik, walaupun dalam hati Tracy maupun Cam telah terjalin pengertian dan rasa sayang yang unik. Bagaimana cara Tracy yang keras kepala dan selalu bertingkah laku seenaknya tanpa memperhatikan orang lain, dengan Cam yang pemalu dan tidak pernah mau direpotkan dengan keterikatan atau rutinitas, dua orang yang mulai menyayangi dapat mengatasi masalah ini? Sanggupka Tracy mengatasi jika ia akan mengalami penolakkan kembali setelah kedekatan mulai terjalin? "


2 comments:

  1. hmmm..kayaknya suka jacqueline wilson kah? tertarik pas liat cover2nya buku beliu yg kuliat diGramed sih, tapi ga pernah tertarik utk beli.. hihihi

    ReplyDelete
  2. Aku jg udah baca kisah si Tracy ini, tapi udah lamaaa.. menurutku agak, ehm, boring gitu soalnya ga ada dialognya alias kebanyakan monolog dari si Tracy ceritain gitu kehidupan dia. yg kurang sih dialognya aja sih menurutku :D

    ReplyDelete

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.