Translate

Thursday, February 21, 2008

Books "SEMUA BERES KALAU ADA EMIL"

Judul Asli : AN LEVER EMIL I LONNEBERGA
Copyright (c) by Saltkrakan AB / Astrid Lindgren
Illustration by Bjorn Berg
Alih Bahasa : Purnawati Olsson
Cover : Eduard Iwan Mangopang
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ke-1 : Juli 2003 , 168 hlm
Rate : 5 of 5 

"Semua orang tahu tentang kenakalan-kenakalan Emil, anak laki-laki keluarga Svensson yang tinggal di Katthult, desa Lonneberga, Smaland, Swedia - terutama karena Alma, ibunya selalu rajin menulis kelakuan Emil dalam buku tulis yang disimpan dalam laci meja tulisnya (akibatnya pintu laci tak bisa dibuka karena penuh sesak dengan buku-buku tulis tentang Emil). Kenakalan apa lagi yang bisa diperbuat Emil?

Mula-mula dia membuat ayahnya marah sekali karena Emil membeli barang-barang tak berguna di tempat lelang Backhorva, yaitu seekor ayam betina yang pincang, pompa pemadam kebakaran yang karatan, kotak kuno yang jelek sekali, dan penyorong kue yang kepanjangan. Tapi dasar Emil banyak akal, semua yang dibelinya ternyata malah sangat berguna bagi banyak orang dan Emil mendapat untung lebi besar lagi.

Lalu apa alasan Emil saat mengikat tali panjang pada gigi Lina kemudian menarik tali itu sambil memacu kencang Lukas, kudanya? Mengapa pula dia membuat ayam-ayam dan babinya mabuk dengan memberi ampas anggur buah ceri? Bahkan di sendiri ikut-ikutan mabuk ... Dan mengapa dia mengurung ayahnya saat diadakan pesta di Katthult?

Tapi jangan salah sangka. Biarpun nakal, sebenarnya Emil baik hati dan penyayang. Buktinya dia rela menembus badai salju besar membawa Alfred yang sakit parah ke dokter di Mariannelund yang jauh-berkereta seorang diri hanya dibantu kudanya, Lukas. Perbuatannya sangat terpuji karena akhirnya Alfred berhasil diselamatkan. Ya .... semua beres kalau ada Emil." 


No comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.