Translate

Wednesday, October 2, 2013

Books "DANNY THE CHAMPION OF THE WORLD"

Books “DANNY SI JUARA DUNIA”
Judul Asli : DANNY THE CHAMPION OF THE WORLD
Copyright © Roald Dahl Nominee Ltd, 1977
Ilustrations copyright © Quentin Blake, 1994
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Poppy Damayanti Chusfani
Cetakan I : april 2006 ; 248 hlm ; ISBN 979-22-2047-x

Ini adalah kisah perjalanan hidup bocah bernama Danny, yang dibesarkan seorang diri oleh ayahnya, sepeninggalan ibunya ketika ia masih berusia 4 bulan. Ayah Danny adalah seorang montir handal, dan di sela-sela kesibukannya, ia tak pernah melupakan Danny dan selalu membawanya kemana pun ia berada. Tak heran jika si kecil Danny akrab dengan bengkel kerja ayahnya, mengawasi dan menemani ayahnya, dengan tubuh berlumuran minyak dan oli, bermain-main dengan aneka onderdil mobil.



Hidup mereka bisa dikatakan tidak berlebih, namun untuk kebutuhan sehari-hari mereka juga tidak kekurangan. Salah satu kesukaan Danny adalah ketika menjelang malam, mereka memasuki karavan (tempat tinggal mereka) dan ayahnya akan duduk menemani Danny berangkat tidur dengan sebuah dongeng yang sangat menarik. Meski beliau kurang menguasai baca-tulis, namun daya imajinasi yang menyertai kisahnya selalu mampu menggugah perasaan Danny.

Dan ayah Danny tak pernah kehilangan kisah baru, seperti ketika ia bercerita tentang BFG yang suka mengumpulkan aneka mimpi, kemudian menjelang malam, ia akan berkunjung ke kediaman anak-anak manis dan tidak nakal, meniupkan kumpulan mimpi dengan alatnya menyerupai corong, untuk memberikan ‘mimpi-indah’ bagi anak-anak. Jika tidak sedang mendongeng, ayah Danny mengajarkan aneka macam kegiatan yang mengasyikkan. Cara membongkar-pasang onderdil mobil, membuat layang-layang dan balon udara, hingga belajar mengemudi pada usia 9 tahun (Danny dibuatkan prototipe mobil dari kotak sabun dan roda sepeda).

Bagi Danny, bersama ayahnya adalah pengalaman yang tak akan pernah mau ia lepaskan. Hingga suatu hari, ia menemukan sebuah rahasia yang disembunyikan oleh ayahnya. Rahasia yang menuntun Danny pada petualangan menegangkan serta sangat berbahaya. Dimulai dengan keinginan ayahnya untuk melakukan ‘perburuan-gelap’ terhadap burung-burung pegar yang berada di kawasan hutan milik Viktor Hazell – pria kaya raya yang sangat menyebalkan dan tidak disukai oleh penduduk di wilayah itu.

Dari sekedar keinginan sesaat akan petualangan, kisah mengalir dengan cepat, kala Danny bergabung dengan ayahnya untuk melakukan misi khusus, sebuah misi yang dapat dikatakan cukup mustahil untuk dilaksanakan. Mereka hendak ‘mencuri’ 200 ekor burung pegar dari hutan Viktor Hazell dalam waktu hanya semalam, sebelum Pesta Perburuan Besar yang akan dilangsungkan keesokan harinya demi menjamu para penguasa dan orang-orang kaya lainnya.

Mampukah Danny dan ayahnya melaksanakan hal tersebut, hanya berdua, melawan pasukan penjaga bersenjata yang tak kalah kejam dibandingkan majikan mereka. Dengan menggunakan akal serta kecerdasan, kantong isi kismis yang dimasuki bubuk obat bius berhasil menjerat mangsa dalam jumlah besar. Pada malam yang kelam, dua sosok manusia, satu besar, satu bertubuh kecil, sibuk mengumpulkan 120 ekor burung pegar ke dalam karung. Namun jangan berharap kisah ini telah berakhir begitu saja, beberapa kejutan yang menggelikan akan menutup kisah yang layak dikoleksi ini.

[ more about the author and related works, just check at here : To-Know About Road Dahl | Roald Dahl Read-A-Long & Giveaway | Roald Dahl’s Site | on Wikipedia | on Goodreads | on IMDb | Roald Dahl's FanClub ]

~ This Post are include in ROALD DAHL’s READ-A-LONG ~


Best Regards,

* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.