Translate

Wednesday, October 2, 2013

Books "JAMES & THE GIANT PEACH"

Books “JAMES & PERSIK RAKSASA”
Judul Asli : JAMES & THE GIANT PEACH
Copyright © Roald Dahl Nominee Ltd, 1961
Ilustrations copyright © Quentin Blake, 1995
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Poppy Damayanti Chusfani
Cetakan I : September 2006 ; 192 hlm ; ISBN 979-22-2368-1

James Henry Trotter, menjadi yatim-piatu saat berusia 4 tahun, ketika kedua orang tuanya tewas ditelan badak yang lari dari Kebun Binatang London. Maka ia harus menjalani kehidupan penuh penderitaan setelah itu, karena tinggal bersama kedua bibinya yang keji. Bibi Sponge dan Bibi Spiker adalah tipe manusia egois, pemalas, dan kejam dengan kegemaran memukuli James dan memaksanya bekerja mengurus kebutuhan rumah tangga, tanpa memperhatikan kebutuhan fisik maupun mental bocah ini.



Tak heran jika James kerap duduk termenung berjam-jam memandangi pemandangan di luar pekarangan tempat tinggal mereka. Atau seperti kali ini, ia duduk meringkuk di sudut pekarangan sambil menangis karena kelelahan, kesakitan dan kelaparan. Dan di saat itu pula muncul pria aneh serba hijau, yang memberinya kantongan ajaib, yang harus segera diberi air dan diminum oleh James, untuk merubah keberuntungan dalam hidupnya. Malang tak dapat ditolak, James tersandung dan jatuh saat mengindap-indap memasuki rumah saat menghindari kedua bibinya.

Kantongan beserta isinya segera jatuh berguliran, dan lenyap bagai ditelan tanah. Harapan James yang sempat melambung tinggi kini runtuh, dan lebih celaka lagi, kedua bibinya berhasil menemukan persembunyian dirinya. Belum sempat Bibi Sponge dan Bibi Spiker melancarkan hukuman berat pada James, terjadi peristiwa aneh yang mengudang daya tarik bagi penduduk di wilayah itu. Sebuah pohon persik yang semula hampir mati di sudut pekarangan, kini bertumbuh besar dan berbuah – satu buah yang sangat besar, mengendut bagai balon yang ditiup. Besarnya hingga mencapai tinggi rumah, dan menjadi tontonan bagi siapa saja yang tertarik melihat fenomena ini.

Kisah yang merupakan versi lain dari dongeng ‘Jack & The Giant Beanstalks’ ini merupakan salah satu bukti kepiawaian Roald Dahl dalam  mengolah kisah yang menampilkan aneka karakter unik. Alih-alih berhadapan dengan raksasa (sebagaimana versi asli kisah ini) maka yang berubah menjadi bentuk raksasa adalah satu buah Persik yang bisa dikatakan menyerupai planet kecil, karena di dalamnya terdapat penghuni-penghuni yang mengalami perubahan sebagaimana buah persik ini. Memadukan aneka karakter serangga yang dianggap menjijikan, penulis mengajak pembaca untuk mengenal sudut lain yang lebih menarik sekaligus menyenangkan (plus dijamin sangat seru).

Maka dimulailah petualangan James dan kawan-kawan baru : Kakek Belalang Hijau yang memiliki kemampuan bermain musik sangat indah, si Lipan yang selalu meributkan sepatu yang ada di setiap kakinya, si Cacing Tanah yang buta (karena tidak memiliki mata) namun tidak suka disinggung soal kekurangannya, si Cacing Cahaya yang sering tidur namun tak pernah lupa menyalakan lampu di ekornya untuk memberikan penerangan bagi teman-temannya, si Nona Laba-Laba yang memiliki kecepatan super memintal dan membuat aneka jaring dan jerat, si Ulat Sutra yang pemalu namun selalu bisa menghasilkan benag sutra yang kuat dan si Kepik yang cantik dan menawan.  

 [ more about the author and related works, just check at here : To-Know About Road Dahl | Roald Dahl Read-A-Long &Giveaway | Roald Dahl’s Site | on Wikipedia | on Goodreads | on IMDb | Roald Dahl's FanClub ]

~ This Post are include in ROALD DAHL’s READ-A-LONG ~


Best Regards,

* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.