Translate

Tuesday, October 1, 2013

Books "THE ENORMOUS CROCODILE"

Books “SI BUAYA RAKSASA”
Judul Asli : THE ENORMOUS CROCODILE
Copyright © Roald Dahl Nominee Ltd, 1978
Ilustrations copyright © Quentin Blake,1978
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Poppy Damayanti Chusfani
Cetakan I : Mei 2006 ; 64 hlm ; ISBN 979-22-2127-1

Di Afrika, terdapat sebuah sungai yang sangat besar, luas, dalam dan berwarna cokelat penuh dengan lumpur, dan disana hidup dua ekor buaya. Satu ekor buaya berukuran sedang, dan satu ekor lagi berukuran sangat besar, hingga dipanggil si Buaya Raksasa. Kemudian suatu hari si Buaya Raksasa mendapat ide yang menyenangkan. Ia ingin makan anak-anak kecil, yang dagingnya empuk dan ukurannya lebih besar daripada ikan-ikan di sungai.

Si Buaya Raksasa menganggap dirinya sangat pandai dan pemberani, maka keluarlah ia dari dalam sungai, berjalan di atas daratan, menerobos hutan untuk memasuki wilayah tempat tinggal manusia. Ia sangat sombong dan menganggap dirinya pasti mampu menjalankan tipu-muslihat guna menjebak anak-anak manusia untuk dijadikan santapannya.



Tanpa menghiraukan larangan temannya, si Buaya berukuran sedang, menyombongkan diri pada Humpy-Rumpy Si Kuda Nil dan Trunky si Gajah, menakut-nakuti Muggle-Wup si Monyet yang sedang menyantap kacang-kacangan, bahkan menggigit ekor si Burung Rolly-Polly hingga putus. Dan ketika sampai di seberang hutan, akhirnya sampailah ia di perbatasan kota, tempat pemukiman serta anak-anak kecil bermain dengan bebas dan gembira, tanpa tahu ada bahaya besar mengincar mereka.

Kisah kali ini lebih merupakan dongeng tentang sosok ‘jahat’ melawan sosok ‘baik’ – meski si Buaya cukup cerdik, ia menggunakan kepandaiannya untuk melakukan tipu-muslihat demi tujuan yang tidak benar. Secara keseluruhan, nilai serta pesan moralnya dituturkan dengan jelas, dengan tambahan segi petualangan yang bakal disukai oleh anak-anak. Namun untuk pembaca usia yang lebih muda, disarankan pendampingan untuk membantu penjelasan lebih seksama, alih-alih sebuah kisah ‘horor’ tentang buaya raksasa pemakan anak-anak (^_^) ... nah, bagaimana nasib anak-anak di kota itu, dan berhasilkan si Buaya Raksasa melaksanakan niat busuknya ?  
“Aku pergi mencari kelezatan seorang anak. Dengar dan amati suara tulang menggemeratak ! Sesuatu yang akan kumakan punya jari, kuku, serta kaki dan tangan ! Rasanya enak, rasanya lezat, rasanya segar, rasanya nikmat, lebih sedap dari camilan. Kulum dan hancurkan, kunyah dan remukkan ! Sedapnya tak terkatakan !”
[ more about the author and related works, just check at here : To-Know About Roald Dahl | Roald Dahl Read-A-Long & Giveaway | Roald Dahl’s Site | on Wikipedia | on Goodreads | on IMDb | Roald Dahl's FanClub ]

~ This Post are include in ROALD DAHL’s READ-A-LONG ~


Best Regards,

* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.