Translate

Monday, January 21, 2013

Children Classic's Literature "THE INCREDIBLE JOURNEY"



Judul Asli : THE INCREDIBLE JOURNEY
Copyright © The Estate of Sheila Burnford, 1961
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Rosemary Kesauly
Desain & Ilustrasi cover : Satya Utama Jadi
Cetakan I : Juni 2012 ; 144 hlm

Kisah tentang hubungan manusia dengan hewan peliharaannya selalu menarik untuk disimak, terutama jika ini adalah kisah klasik, yang anehnya baru kuketahui sekarang setelah menonton adaptasi filmnya beberapa tahun silam. Tanpa berlama-lama, diriku langsung memulai petualangan seru dari ketiga hewan peliharaan yang melarikan diri dari rumah perlindungan, mencari sang tuan ...

Luath – seekor anjing Labrador, Tao – seeokor kucing Siam yang cantik, dan Bodger – seekor anjing Bull Terrier, adalah hewan milik keluarga Hunter yang harus pergi dan menetap di Inggris selama hampir 9 bulan karena Jim Hunter menerima tawaran pekerjaan di sana. Karena tidak mungkin membawa hewan-hewan ini menyeberangi Canada menuju Inggris, maka mereka terpaksa dititipkan kepada sahabat keluarga Hunter, John Longridge, yang menyayangi mereka semua.

Saat itu telah lewat 8 bulan John Longridge mengadopsi ‘keluarga barunya’, dan dalam waktu kurang dari 3 minggu, keluarga Hunter akan kembali. John Longridge adalah pria berusia 40 tahun, hidup seorang diri di rumah batu  tua milik keluarganya, di lokasi terpencil yang sunyi, cocok bagi dirinya yang suka menyendiri selama proses penulisannya.Tetangga terdekat adalah keluarga Oakes, yang juga berperan sebagai pengurus rumah tangganya. Menjelang akhir September, John Longridge melakukan aktifitas rutin yang dilakukan bersama kakaknya setahun sekali, pergi bersama hidup di alam bebas selama 2-3 minggu. Dan ketiga hewan peliharaan telah terlatih untuk tetap tinggal di dekat rumah, dan secara rutin Mrs. Oakes akan mengecek dan menyediakan kebutuhan mereka selama John bepergian.

Namun pada tahun ini terjadi perbedaan. Ketiga hewan ini memutuskan keluar dan pergi menempuh perjalanan pulang menyambut tuan mereka yang sedang dalam perjalanan kembali dari Inggris, beberapa menit setelah kepergian John Longridge. Tiada yang mengetahui peristiwa ini, bahkan Mr. Oakes yang datang berkunjung satu jam kemudian, mengira kali ini John sengaja membawa ketiganya bertualang, apalagi pesan tertulis yang ditulis oleh John kepada Mrs. Oakes, terjatuh dan terselip tanpa terlihat. Peristiwa hilangnya ketiga hewan ini baru diketahui saat sudah terlambat, dan tiada yang tahu dimana gerangan mereka berada. 

Membaca kisah perjalanan Luath yang menjadi pemimpin rombongan, Tao yang nakal dan lincah serta cerdik, Bodger yang suka bermain-main namun seringkali kehabisan tenaga karena faktor usia, sungguh sangat berbeda dengan gambaran film adaptasi Disney yang cenderung riang dan penuh humor. Karena kisah perjalanan makhluk-makhluk yang belum pernah berada sendirian di alam bebas, kini bukan hanya harus beradaptasi tetapi mereka harus bertahan hidup menghadapi berbagai hambatan dan bahaya di alam bebas. Mulai dari kesulitan mencari makanan (seumur hidup mereka selalu disediakan makanan dan nutrisi cukup oleh para pemiliknya), bahkan bersatu padu melawan seekor induk beruang dan anaknya yang melukai Bodger. 

Kemudian terseret arus sungai yang deras dan tenggelam sebelum diselamatkan oleh salah seorang manusia yang melihatnya. Terluka parah saat berusaha berburu hewan liar sebagai makanan. Berpisah namun akhirnya bertemu kembali. Sungguh sebuah kisah yang sangat menyentuh, mengharukan, dengan ending yang tidak mengecewakan mesti harus bercucuran dengan air mata. Sangat direkomendasikan sebagai bacaan keluarga, bahkan jika Anda bukan pecinta binatang, niscaya Anda akan jatuh-hati setelah membaca kisah ini. 

Tentang Penulis :
Sheila Burnford ( 11 Mei 1918 – 20 April 1984 ) adalah seorang penulis novel asal Inggris, yang dilahirkan di Skotlandia. Pada tahun 1941, beliau menikah dengan Dr. David Burnford, dan kemudian memiliki 3 orang anak. Selama Perang Dunia II beliau bekerja sebagai sukarelawan pengemudi ambulance. Dan pada tahun 1951, beliau sekeluarga bermigrasi ke Canada, tepatnya di Port Arthur, Ontario. 

Beliau mulai lewat karyanya ‘The Incredible Journey’ – kisah perjalanan 3 ekor hewan peliharaan yang menempuh alam liar, merupakan buku pertama dalam seri buku yang bertema tentang kehidupan di Canada. Buku ini mendulang sukses kembali saat Disney membuat adaptasi film layar lebar dengan judul ‘Homeward Bound : The Incredible Journey’. Meski ‘The Incredible Journey’ dipasarkan sebagai kisah anak-anak, bahkan menerima penghargaan Canadian Children’s Book of The Year Award pada tahun 1961, beliau menegaskan bahwa novel yang ditulisnya bukan dikhususkan bagi pembaca anak-anak melainkan merupakan novel dewasa tentang hubungan antara manusia dengan hewan. 

Best Regards,
* Secret Garden *
 

No comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.